SURVIVE – Pola Hidup Sehat

Syukur Alhamdulillah kita semua masih diberikan oleh ALLAH S.W.T. kehidupan hingga saat ini. Yah Penulis bersyukur masih dapat menulis di Blog SURVIVAL AGUNGSS ini, dimana hingga hari ini masih diberikan dapat bernafas oleh ALLAH S.W.T.  dan bisa berolahraga sepeda tadi pagi lebih kurang 30-an menit setelah kemarinnya, bersepeda – gowes selama 1 jam.

Memang manusia didunia ini haruslah berusaha untuk dapat survive,  dimana yang paling pokok,  jika kita sudah diberikan usia  lebih dari 67 an oleh ALLAH Yang Maha Memberi Kehidupan, adalah menjaga kesehatan kita dengan berolahraga jalan kaki atau bersepeda, sehingga tubuh phisik kita,  tidak boleh didiamkan malas berolahraga, karena akan merugikan diri kita sendiri, jika tidak ada pergerakan dari badan phisik kita. Memang manusia hidup ini itu,  akan melalui berbagai tahapan Miles Stone pada perjalanan kehidupannya, dimana pada setiap phase tahapan itu,  hendaknya manusia harus lebih memahami dan menyadari akan  keadaan phisik tubuh mental emosional maupun spiritualnya.

Masing-masing manusia mempunyai keunikan dan kesenangan maupun kiat untuk mempertahankan kehidupan yang sehat baik phisik jasmani, maupun rohani. Yang dapat merasakan adalah dirinya masing-masing. Terasa jika kita rutin memaksakan diri untuk berolahraga, maka manfaatnya adalah untuk diri kita sendiri, bukan untuk orang lain. Penulis pada saat ini, sedang melakukan “Trial and Error” memulai lagi  bersepeda pada usia yang senja, secara rutin, sesuai  nasehat seeorang Dokter,   minimal 30 Menit per hari,  tidak usah ngotot,  namun  santai saja;

Tidak terasa setelah lebih dari 1 Bulan berjalan,  terasa otot kaki paha, betis dan telapak kaki kita lebih kuat jejaknya, dimana terasa tidak kaku, sehingga, Penulis, biasanya, setelah bersepeda langsung minum air minimal 1 – 2 gelas, guna menghindari hidrasi. Lebih lanjut Penulis  kemudian tidur sejenak, karena otot dan urat nadinya terasa tidak tegang, sehingga Alhamdulillah  gampang tidurnya,  untuk mengistirahatkan phisik kita.

Yah, pada umur kita yang sudah senja,  maka kita tidaklah harus memaksakan diri kita untuk ngoyo atau dikejar-kejar sesuatu yang diluar batas kemampuan kita, karena memang sudah menjadi takdir bahwa Takaran Jatah rejeki karunia dari ALLAH sudah terlihat hingga batas yang sudah ada, sehingga kita akan mengisi kehidupan kita dalam sisa masa kehidupan yang masih diberikan oleh ALLAH S.W.T.,  dengan misalnya mencari kesibukan hoby  yang kita senangi,  dimana untuk Penulis, biasanya Penulis suka membuka Laptop dan mulai menulis di beberapa Blog yang Penulis buat, tergantung tema yang akan dikedepankan dan sedang ada dalam pikiran Penulis.

Beberapa hari yang lalu,  Penulis menulis Judul Explorasi Jakarta Cipete Senayan di Blog AGUNGSS Experimental Blog  https://agungexperimental.blogspot.com/2019/08/explorasi-jakarta-cipete-senayan.html,  mengingat temanya adalah semacam Experimental Bereksplorasi Bergowes Jakarta Cipete Senayan dari Perspektif Pegowes.

Hari ini Penulis menulis di Blog Survival AGUNGSS,  dengan tema  berusaha  survive dengan Pola Hidup Sehat, agar mind-set jalan pikiran harus kita atur dengan cara berpikir Pola Hidup Sehat. Guna melaksanakan hal ini, harus ada kesadaran dan tekad kuat dari diri kita untuk mau menjalankan Pola Hidup  Sehat, dimana masing-masing dari diri kita harus mencari kiat bagaimana melakukan Pola Hidup Sehat dan seimbang.

Selain rutin olahraga, maka kita harus dapat menyalurkan hoby yang merupakan pasion kita, misalnya bagi Penulis adalah membuat Blog dan menulis buah pikiran apa yang ada dibenak Penulis pada suatu saat, dimana untuk dapat mendapatkan inspirasi untuk menulis, maka badan dan otak kita harus kita jaga kesegarannya dengan berolahraga. Saat ini Penulis sedang  senang bersepeda atau Bergowes guna  menjaga kesehatatan phisik kita sesuai nasehat Dokter 24 Jam dekat Rumah Penulis dibilangan Cipete dekat Stasiun MRT Haji Nawi.

Hal ini Penulis rasakan dapat menghilangkan rasa kejenuhan atas rutinitas kehidupan yang monoton, sehingga kita harus pandai mencari kiat agar tidak jenuh dalam menjalani kehidupan ini. Oh ya bagi kita yang telah diberikan oleh ALLAH Yang Maha Memberi Kehidupan, untuk dapat menjalani kehidupan ini lebih dari 60 an tahun, sebagai rahmat dan karunia dari ALLAH kepada kita,  maka rasanya kita harus mencari keseimbangan dalam kehidupan kita,  agar stamina tubuh phisik kita dapat terjaga dengan baik. Penulis merasa bahwa kita tidak boleh mengorbankan tubuh kita dengan beban kerja dan pikiran yang terlalu berat, diluar kemampuan kita, melainkan sebaiknya  diselingi dengan menjalankan hoby yang selama ini belum dapat kita laksanakan,  karena kesibukan kerja kita, untuk menafkahi isteri anak dan keluarga kita. 

Tentunya hal yang paling pokok, yang sebaiknya kita sediakan waktu adalah termasuk mendalami “Ilmu agama” yang kita anut, dimana bagi Penulis yang menganut keyakinan  Islam, sebaiknya membaca Kitab Suci Al Quran, Hadist maupun mendengarkan Tausyiah dari Para Ahli Agama yang dapat kita temukan di Media Sosial antara lain You Tube maupun Artikel Ilmu Agama, guna memperdalam kesadaran ibadah kita. Hal ini Penulis rasakan penting agar sisa hidup kita yang sementara ini dapat terarah sesuai tuntutan dari ALLAH dan Rasul Muhammad S.A.W.

Jika badan phisik kita sehat dengan menjaga Pola Hidup Sehat, antara lain  dengan berolahraga secara rutin dan minum Olive Oil minimal 1 – 2 sendok makan, serta memperbanyak buah dan sayuran, maka didalam menjalankan Ibadah kita, In Syaa ALLAH,  pikiran kita juga terasa sehat dan segar, sehingga keadaan kita didalam mempelajari dan memahami Ilmu untuk menjalankan Ibadah,  In Syaa ALLAH dapat kita lebih resapi dan jalankan dengan “Pikiran Yang Jernih” dan Hati yang Jernih.

Wah sudah malam nih, Penulis mau istirahat tidur dulu ya…

Salam hangat,

Jakarta, 20 Agustus 2019 diedit 21 Agustus 2019

Agung Supomo Suleiman 

AGUNGSS Experimental BLOG  

 

Tentang Agung Supomo Suleiman

Operator Snapshot Geopolitik Artikel Hukum Bisnis - OilGasMine - Energi AGUNGSS - Pengamat -Penulis Independen - 35 Tahun Praktisi Hukum Bisnis OILGASMINE - Sumber Daya Mineral Kombinasi - Konsultan Hukum -Pengacara - Law Firm - In House Legal Counsel Huffco Viico Oil Gas, PT Freeport Indonesia - SaCo - AgsS - Independent Business Lawyer Agung Supomo Suleiman
Pos ini dipublikasikan di SURVIVE - Pola Hidup Sehat, Tak terkategori dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan komentar